Latest Audio :

TAFSIR AL MUYASSAR AL BAYYINAH

Image result for tafsir muyassar
(1) "Orang-orang yang kafir dari golongan Ahli Kitab dan orang-orang musyrik tidak akan meninggalkan (agama mereka) sampai datang kepada mereka bukti yang nyata"
Orang-orang kafir dari kalangan orang-orang Yahudi, Nasrani dan kaum musyrikin tidak akan meninggalkan kekafiran mereka hingga kamu datang kepada mereka dengan tanda yang dijanjikan kepada mereka pada kitab-kitab terdahulu.
(2) "(yaitu) seorang Rasul dari Allah (Muhammad) yang membacakan lembaran-lembaran yang disucikan (al-Qur'an)"
Yaitu Rasul Allah, Muhammad , yang membacakan al-Qur'an dalam shuhuf-shuhuf (lembaran-lembaran) yang disucikan.
(3) "yang di dalamnya terkandung kitab-kitab yang lurus (benar)."1100
Pada shuhuf-shuhuf tersebut ada berita-berita yang benar dan perintah-perintah yang adil, yang membimbing kepada kebenaran dan kepada jalan yang lurus.

[1100] Yakni, kandungan kitab-kitab yang diturunkan kepada nabi-nabi sebelum Nabi Muhammad  seperti Taurat, Zabur, dan Injil yang masih murni.
(4) "Dan tidaklah orang-orang Ahli Kitab terpecah belah, melainkan setelah datang kepada mereka bukti yang nyata."
Ahli Kitab dari kalangan Yahudi dan Nasrani tidak berselisih tentang Muhammad  bahwa dia adalah utusan Allah yang haq karena mereka mendapatkan ciri-cirinya dalam kitab mereka, kecuali sesudah mereka mengetahui bahwa Muhammad  adalah Nabi yang dijanjikan kepada mereka dalam Taurat dan Injil, mereka sepakat atas keabsahan kenabian Muhammad . Tetapi manakala Muhammad  diutus, mereka berselisih pendapat, ada yang beriman kepadanya, dan ada yang mengingkari kenabiannya karena hasad dan dengki.
(5) "Padahal mereka tidak diperintahkan, kecuali agar beribadah kepada Allah dengan mengikhlaskan agama (ketaatan) hanya kepadaNya, dan juga agar mendirikan shalat, serta menunaikan zakat; dan yang demikian itulah agama yang lurus (benar)>" 1101
Mereka tidak diperintahkan dalam seluruh syariat Allah kecuali agar mereka beribadah kepada Allah semata, mengarahkan ibadah mereka hanya kepada WajahNya, menjauhi syirik dengan condong kepada iman, menegakkan shalat, dan menunaikan zakat. Itulah agama istiqamah, yaitu agama Islam.

[1101] Yakni, Jauh dari kesyirikan, dan kesesatan, serta keburukan.
(6) "Sesungguhnya orang-orang yang kafir dari golongan Ahli Kitab dan orang-orang musyrik, (akan masuk) ke Neraka Jahanam; mereka kekal di dalamnya selama-lamanya. Mereka itu adalah seburuk-buruk makhluk."
Sesungguhnya orang-orang kafir dari kalangan orang-orang Yahudi, Nasrani dan kaum musyrikin berada di dalam api Neraka Jahanam, mereka kekal di dalamnya. Mereka adalah makhluk yang paling buruk.
(7) "Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal-amal shalih, mereka itu adalah sebaik-baik makhluk."
Sesungguhnya orang-orang yang membenarkan Allah, mengikuti RasuINya dan mengamalkan ayariatNya, mereka adalah sebaik-baik makhluk.
(8) "Balasan mereka di sisi Tuhan mereka adalah surga-surga Adn yang mengalir di bawahnya sungai-sungai; mereka kekal di dalamnya selama-lamanya. Allah ridha terhadap mereka dan mereka pun ridha kepadaNya. Yang demikian itu adalah (balasan) bagi orang yang takut kepada Tuhannya."
Balasan mereka di sisi Tuhan mereka pada Hari Kiamat adalah surga-surga sebagai tempat tinggal yang sangat indah, mengalir di bawah istana-istana dan kebun-kebunnya sungai-sungai, mereka kekal di dalamnya selama-lamanya. Allah ridha kepada mereka dengan menerima amal-amal shalih mereka, dan mereka ridha kepada Allah dengan apa yang Allah siapkan bagi mereka berupa berbagai bentuk kemuliaan. Balasan baik ini adalah bagi siapa yang takut kepada Allah dan menjauhi kemaksiatan kepadaNya.
Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Pusat Kajian Sunnah - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger