Latest Audio :

TAFSIR AL MUYASSAR AT TIIN

Image result for tafsir muyassar
(1-5) "Demi (buah) tin dan (buah) zaitun, demi gunung Sinai,1096 dan demi negeri (Makkah) yang aman ini, sungguh Kami benar-benar telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya, kemudian Kami kembalikan dia ke tempat yang serendah-rendahnya,"

[1096] Yakni, gunung Slnal tempat Nabi Muna menerima wahyu, dl mana Allah  berbicara langsung kepada Nabi Musa 
(6) "kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal-amal shallh, maka mereka akan mendapat pahala yang tidak ada putus-putusnya."
Allah bersumpah dengan tin dan zaitun, keduanya termasuk buah-buahan yang masyhur, juga dengan gunung Thursina (sinai) yang di sana Allah berbicara kepada Musa  secara langsung, juga dengan negeri yang aman dari segala ketakutan, yaitu Makkah, tempat turunnya wahyu, sungguh Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang terbaik, kemudian Kami mengembalikannya ke neraka bila dia tidak patuh kepada Allah dan tidak mengikuti para rasul. Akan tetapi orang-orang yang beriman dan beramal shalih, mereka mendapatkan pahala besar yang tidak terputus dan tidak dikurangi.
(7) "Maka apa yang menyebabkanmu mendustakan Hari Pembalasan1097 setelah (adanya keterangan-keterangan) ini?"
Apa yang membuatmu, wahai manusia, mendustakan kebangkitan dan pembalasan padahal bukti-bukti yang menunjukkan Kuasa Allah atasnya sangat jelas?

[1097] Pendapat lain menyebutkan bahwa maknanya adalah, "Maka apa yang menyebabkan (mereka) mendustakanmu (tentang) 
Hari Pembalasan".
(8) "Bukankah Allah hakim yang paling adil?"
Bukankah Allah yang menetapkan hari tersebut sebagai hari penetapan keputusan di antara manusia adalah Pemberi keputusan hukum Yang paling bijaksana dalam segala apa yang Dia ciptakan? Tentu, apakah manusia dibiarkan begitu saja, tidak diperintah dan tidak dilarang, tidak diberi pahala dan tidak dihukum? Mal itu tidak benar dan tidak mungkin.
Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Pusat Kajian Sunnah - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger