Latest Audio :

TAFSIR AL MUYASSAR ASY SYARH

Image result for tafsir muyassar

(1-2) "Bukankah Kami telah melapangkan dadamu (Muhammad) ? Dan Kami pun telah menurunkan bebanmu darimu"1093
Bukankah Kami telah melapangkan dadamu, wahai Nabi, untuk menerima syariat-syariat agama, dakwah kepada Allah, dan menghiasi diri dengan keluhuran akhlak, serta Kami meringankan beban darimu dengan itu,

[1093] Yakni, kesusahan-kesusahan yang diderita Nabi Muhammad  dalam menyampaikan risalah.
(3-4) "yang memberatkan punggungmu? Dan Kami tinggikan sebutan (nama)mu1094 bagimu?"
yang mana beban itu telah memberatkan punggungmu? Dan bukankah Kami juga menjadikanmu, dengan nikmat Kami kepadamu berupa kemuliaan akhlak, berada pada kedudukan tinggi lagi mulia?


[1094] Yakni, meninggikan derajat dan mengikutkan namanya dengan Nama Allah  dalam kalimat syahadat, dan menjadikan taat kepada Nabi iK termasuk taat kepada Allah .
(5-6) "Maka sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan, sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan,"
Jangan sampai gangguan musuhmu menyurutkanmu untuk menyebarkan risalah, karena bersama kesulitan ada jalan keluar, bersama kesulitan ada jalan keluar.
(7-8) "Maka apabila engkau telah selesai (dari suatu urusan), maka bekerja keraslah (untuk urusan yang lain),1095 dan hanya kepada Tuhanmu-lah hendaknya engkau berharap."
Bila kamu telah menyelesaikan urusan dan kepentingan dunia, maka bersungguh-sungguhlah dalam beribadah. Dan hanya kepada Tuhanmu semata, berharaplah apa yang ada di sisiNya.

[1095] Sebagian ahli tafnlr menafnlrkan, "Apabila engkau (Muhammad) telah selesai berdakwah, maka beribadahlah kepada Allah ". Ada Juga yang mengartikan, "Apabila engkau telah selesai melaksanakan urunan dunia maka kerjakanlah urusan akhirat". Dan ada lagi yang mengatakan, "Apabila telah mengerjakan shalat, maka berdoalah".
Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Pusat Kajian Sunnah - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger